Berbagi dan Pusaran Energi Relawan

1053447_10151861315409035_1544731047_oGambar disamping adalah sebuah energi baru yang ada dipekanbaru untuk sebuah mimpi dan kontribusi nyata membangun elemen terbawah namun sebagai kekuatan pondasi sebuah bangsa , MASYARAKAT / RAKYAT !!
Akademi Berbagi  , mendengar nama akademi akan identik dengan sebuah institusi yang mempunyai perangkat kelas serta tentunya ada kegiatan belajar mengajar didalamnya. Dan memang tidak salah dengan anggapan tersebut karena semua elemen tersebut tersedia sebagai syarat sebuah akademi , namun yang berbeda adalah cita rasa dan tentunya perangkat itu dalam tampilan sebenarnya.

Mari kita sedikit santai menganalogikan Akademi Berbagi dengan Akademi sesungguhnya :

  • Kelas –> Siapa bilang kita ngga punya kelas? Akademi yang punya kelas di lebih dari puluhan kota siapa coba? Model kelas yang tidak pernah sama satu sama lain dan tentunya bisa ditemukan dari model konvensional , lesehan maupun ala cafe dan seminar berkelas? Akber Punya itu. Eh ditambah kalo untuk yang sedang tidak berada dikelas juga bisa menyimak melalui live tweeting , jadi? Kelas bisa diikuti oleh diluar dari peserta didalam kelas.
  • Guru–> Pengajar yang hadir di kelas akademi berbagi ini adalah praktisi dan tentunya juga bukan sekedar orang lapangan yang tau prakteknya namun yang jelas pendidikan formal dan teori sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari mereka. Berbagai background kahlian dan keilmuan siap untuk menyiram kehausan kita akan sosok pengajar yang sesuai dengan minat dan keinginan belajar kita.  Gurunya dari seluruh penjuru INDONESIA dunk!! KEREN!
  • Kepala Sekolah –> Kalo ini sudah pasti akan selalu ada sebagai sosok pemimpin dalam sebuah akademi , dan yang pasti sih adalah sumberdaya lokal dari akademi itu berada  , jadi pemberdayaan dan kultur kepemimpinan lokal juga masih terjaga dengan adanya afiliasi program nasional dan pelaksanaan daerah.
  • Materi  / Mata Pelajaran –> Kalo ngomongin masalah ini , kurikulum praktek adalah acuanya dan range kelimuan yang sangat luas adalah sebuah tawaran benar-benar mencerdaskan kehidupan bangsa dan memberikan kesempatan seluas-luasnya keinginan belajar peserta didik untuk dapat difasilitasi pemfokusan materi , karena materi adalah kunci minat dan ketika peserta didik minat terhadap materi , tiadk ada alasan untuk tidak mencurahkan fokusnya kedalam kelas. Hasilnya ? Maksimal dunk pastinya.
  • Peserta Didik–> Setiap kota akan mempunya antusiasmenya , silahkan untuk mereka yang memang ingin belajar dan selalu belajar untuk ikut dan tidak pernah dibatasi umur , kalangan dan kedekatan karena semua ini untuk kesempatan luas akan belajar tanpa pungutan biaya , ijazah terakhir atau lebih tepatnya untuk menjadi peserta didik yang dibutuhkan hanya KEINGINAN untuk Belajar didalam Kelas
  • Tata Usaha —> Jangan salah , untuk tata usaha akber juga punya lho tapi judulnya lebih keren!! apa itu ? RELAWAN!! , relawan lah yang menjadi tata usaha sebuah akademi berbagi yang mengurus semua keperluan sebuah kelas itu bisa berjalan. RELAWAN adalah SEMANGAT Dari Gerakan Akademi Berbagi ini !! JOin yuk Join…!!
  • Dinas Pendidikan –> Nah biasanya kan ada tuh akademi pusatnya dimana? nah kami juga punya dunk semacam dinas pendidikan nya ! contoh kami di Pekanbaru , Dinas Pendidikanya ada di Akademi Berbagi Pusat , kebetulan tempatnya masih sama juga …masih Di JAKARTA sebagai pusat semua hal di negara ini !!
  • Dana Operasional –> Nah inilah hebatnya , RELAWAN adalah Roda Operasional sebuah roda mimpi berbagi ini  , dan dari sinilah bukti bahwa belajar itu tidak harus bicara dengan UANG dan Dana Operasional , karena buktinya Akademi berbagi yang tersebar di wilayah NKRI ini tidak ada satupun yang menggerakkan kelas didaerahnya dengan pengelolaan uang. Biarlah Pihak Pusat yang berurusan dengan Uang karena pada dasarnya , daerah adalah pondasi dari sebuah negara itu berada!! Semangat , keinginan untuk berbagi bisa kok!!

Apalagi ya yang pengen dituliskan mengenai organisasi baru ini? AKADEMI BERBAGI  , BERBAGI BIKIN HAPPY!! , Dari cerita diatas saya membayangkan kalo dulu SOEKARNO menyatakan “beri saya 10 pemuda ” hal tersebut sepertinya adalah representasi dari sebuah kekuatan komunitas yang kalo boleh saya jabarkan adalah kekuatan RELAWAN untuk berbuat sesuatu terhadap bangsa ini !

RELAWAN untuk organisasi apapun , RELAWAN untuk apapun tujuan positif bagi bangsa dan Bayangkan jika Akan banyak Replikasi Akademi Berbagi dan Replikasi RELAWAN disetiap kota , disetiap kecamatan bahkan sampai di tiap Kelurahan!! Negara ini akan menjadi Negara yang semestinya INDONESIA!!.

Referensi  :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s