Berbagi Menjadi Smart Flyer

Flyer_kelas_ketigaKelas Ketiga Akber Pekanbaru pun digelar tanggal 23 November 2013 dan masih diberikan support oleh perpustakaan wilayah Soeman H.S dengan memperkenankan ChevronCOrner di lantai empat perpustakaan dipergunakan.

Berbeda dengan dua kelas diawal , materi kelas ketiga ini termasuk materi yang lebih menekankan edukasi terhadap calon penumpang dan pengguna moda transportasi udara , Tema dunia penerbangan pun diambil judul “Be A Smart Flyer”

Pak guru kali ini adalah Agung Cahya. Beliau adalah mantan pekerja airlines yang berpengalaman di dunia penerbangan. Beberapa maskapai terkemuka di Indonesia pernah menjadi tempat berlabuhnya sebelum kemudian memutuskan menjadi pengusaha. Prosedur keselamatan , standard process dan bagian edukasi awak kabin bahkan pilot serta perangkat penerbangan adalah spesialisasi beliau ketika masih aktif bekerja , sehingga tidak heran kali ini beliau sangat antusias ketika relawan akber pekanbaru melakukan approach memberikan materi tentang edukasi dunia penerbangan itu sendiri.

Dunia penerbangan atau airlines dan mungkin lebih familiar kita menyebut maskapai adalah moda transportasi terpadat saat ini ? tercengang? dan timbul pertanyaan kok bisa? silahkan kita cek bagaimana crowdednya bandara soekarno hatta dan tidak jauh juga bandara sultan syarif kasyim pekanbaru dan mari kita bandingkan dengan moda transportasi lainya. Dan Pesawat adalah Moda Transportasi Paling AMAN!!

Moda Transportasi paling aman? mari kita lepas sedikit kernyitan dahi membaca hal tersebut , aduk kembali kopi disamping gadget kita dan kita lanjutkan mengenai Statemen itu. Dari kacamata awam , aman adalah berhubungan dengan keselamatan dan kejadian kecelakaan yang sedikit. Mari kita kembali melonggarkan pikiran sejenak dan melihat kebelakang berapa banyak sih kecelakaan pesawat yang terjadi dalam satu tahun dan apalagi yang memakan banyak korban?
Dari kita mungkin hanya akan sibuk mencari jawaban dan terputus oleh kisah-kisah airlines yang meledak ditengah laut sulawesi , tergelincir di bali , tertabrak sapi dan lain sebagainya tapi kembali lagi Karena saking aman nya moda transportasi udara  , maka orang sering menganggap bahwa ini juga armada yang paling tidak aman.

Let’s be a smart person for a smart flyer  , pernah kita bayangkan kalo harga pesawat kita tukar dengan bus , kapan atau mobil bisa dapet berapa banyak ya? dan kemudian kenapa kok tidak ada macet ya diudara?. Kita coba skip sebentar dan fokus pada kalimat ini ” TERBANG ITU MAHAL!!!”
Pernah kita tahu kalo pesawat itu sewa ? Tangga yang kita pakai , Garbarata semua itu sewa? belum kita bicara AVTUR ? dan tentunya biaya parkir pesawat? so , apa alasan untuk barang yang mahal tidak dijaga dengan sangat baik dan hati-hati?

Pesawat itu HIGH COST dan HIGH TECHNOLOGY , standar keselamatan adalah utama sehingga bisa dikatakan bahwa standar keselamatan itulah yang membuat kita merasa diribetin padahal itulah sebenarnya prosedur keselamatan penumpang dan juga penerbangan yang harus dijalankan dengan kepatuhan kedua belah pihak , dan untuk itu kita tidak bisa membiarkan keselamatan kita terabaikan oleh karena ulah dari penumpang lainya yang tidak ikut menjaga budaya tertib aturan.

Untuk sebuah rute perjalanan , proses dibelakang yang dilakukan oleh crew airlines tidaklah singkat dan mudah , banyak briefing , pengecekan fisik ,dokumen kesiapan dan tentunya seluruh prosedur harus diikuti dan tidak ada toleransi atas hal itu karena yang akan dipertaruhkan adalah Pesawat dan biaya mahal yang membuatnya terbang serta yang terpenting adalah manusia yang berada didalam kabin pesawat

Be a Smart Flyer , mari kita mulai dari diri kita dan sebarkan virus berbagi mengenai awareness akan beberapa hal yang harus kita ketahui terutama hak konsumen pengguna jasa penerbangan.

Salam Akademi Berbagi , Berbagi Bikin Happy !!

Notes:
Materi Kelas “Be A Smart Flyer” –> Klik
Profil Guru Kelas “Be A Smart FLyer –> Klik
Rangkuman Kelas Live Tweet “Be A Smart Flyer” –> Klik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s