Good IT Habits with Dedy Ong

Di zaman modern ini, PC (Personal Computer) dan laptop bukan lagi menjadi suatu benda yang asing bagi kita. Penggunaan perangkat tersebut pun sudah sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan lingkungan pekerjaan. Kemampuan mengoperasikan PC/laptop seringkali menjadi salah satu kualifikasi yang dibutuhkan ketika \melamar suatu pekerjaan. Kebanyakan orang tentunya sudah bisa mengoperasikan PC/laptop ini. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang masih belum familiar dengan beberapa istilah dalam penggunaan PC/laptop tersebut dan bagaimana mengoperasikan perangkat itu secara praktis dan efisien.

DSC04359

Di kelas ke-8 Akademi Berbagi Pekanbaru yang dilaksanakan Minggu siang (02/02) kemarin dan bertempat di Chevron Energy Corner Pustaka Wilayah Soeman H.S. Pekanbaru, Dedy Ong atau yang akrab disapa dengan panggilan Koh Dedy, seorang Web Developer dari Webby Digital, membagikan materi tentang cara efektif dalam penggunaan PC/laptop. Tanpa kita sadari, ternyata banyak loh hal-hal praktis yang bisa kita praktekkan untuk meningkatkan kecepatan kerja kita sehari-hari. Let’s see yuk apa aja tips and trick penggunaan PC/laptop yang praktis itu! 😉

1. Istilah di Windows

Windows yang saat ini banyak digunakan orang adalah Windows 7. Nah, apakah Akberian tau istilah-istilah yang ada di Windows tersebut? 😉 Istilah yang paling sering disebut-sebut ada beberapa, di antaranya Desktop, Window, Folder, dan Icon. Selain itu ada pula Maximize yang berfungsi untuk memperbesar window, dan Minimize untuk mengecilkan window.

Desktop 1

Tampilan Desktop + Icon

Tampilan Window dan folder-foldernya

Tampilan Window dan folder-foldernya

2. Software di PC/Laptop

Ketika akan ‘berselancar’ di internet, pastikan kamu sudah memiliki browser. Browser yang disarankan untuk digunakan adalah Firefox. Selain itu ada pula Chrome dan Opera. Internet Explorer (IE) amat sangat tidak disarankan, kecuali jika digunakan untuk mendownload Firefox atau Chrome. Ketika menginstal Firefox, tidak ada salahnya jika kita setting ulang browser kita tersebut yaitu dengan cara setting di Option. Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan memilih folder yang akan dijadikan tempat menyimpan file-file hasil download.

Ada beberapa software yang dijelaskan di kelas #8 Akber Pekanbaru, salah satunya adalah software untuk mengubah format file Ms. Word menjadi format PDF. Yang biasa digunakan adalah Adobe Reader, akan tetapi software tersebut adalah software berbayar. Nah, kalo mau coba yang gratis bisa install PDF Redirect. Setelah menginstal PDF Redirecr di PC/laptop kamu, di Ms. Word akan bisa di save as PDF atau print PDF. So easy kan? 😉

Ada pula software Team Viewer yang bisa digunakan untuk mengakses PC lain. Misal nih kamu pengen ngerjain pekerjaan di rumah tapi filenya tinggal di PC kantor, nah tinggal akses melalui Team Viewer ini aja. Nanti akan ada IP address dan password yang disetting di aplikasi Team Viewer ini, dan voila kamu secara otomatis akan bisa mengakses PC di kantor dari laptop di rumah! Tapi perlu diingat, PC di kantor harus dalam keadaan nyala loh yaa.. 🙂

3. Shortcut

Akberian mungkin sudah mengetahui tentang beberapa shortcut yang lazim digunakan di PC/laptop ini kan? Dalam Ms. Office, kita tentunya familiar dong dengan istilah Copy, Paste, Cut, Undo, Redo, ataupun Block? Nah untuk mempercepat pengetikan di laptop/PC, kita bisa gunakan shortcut berikut ini loh : Ctrl + C (untuk Copy tulisan/file), Ctrl + V (untuk Paste atau menyalin file/tulisan yang dicopy), Ctrl + X (untuk Cut tulisan/file), Ctrl + Z (Undo), Ctrl + Y (Redo), dan Ctrl + A (untuk block semua tulisan).

Nah selain itu ada pula shortcut yang bisa digunakan untuk menutup semua window secara bersamaan dengan cepat. Kebayang dong kalo lagi di kantor, trus lagi asik browsing ini itu dan buka banyak window gak penting, eh ujug-ujug si bos datang mendekat 😛 Cara cepat untuk menutup semua window tersebut dan back to desktop adalah dengan menekan Logo Windows + D di keyboard. Sedangkan untuk pindah ke window lain tanpa klik mouse, bisa dengan menekan Alt + Tab di keyboard dan voila! Kita bisa langsung pilih window mana yang mau kita tuju dengan hanya klik Tab (dengan tetap menahan tombol Alt). Praktis sekali yah! 😉

Alt + tab

Selain itu bisa teman-teman lihat di image yang saya pasang di atas ini, itu adalah print screen ketika saya menekan tombol Alt + Tab. Akan tetapi window yang menjadi background saya melakukan print screen tersebut kok bisa tidak terbawa ya? Nah caranya adalah dengan menekan Alt + Print Screen, kemudian Paste kan di Ms. Word atau Paint. Jika biasanya dengan menekan tombol Ctrl + Print Screen maka semua gambar yang ada di layar akan tercopy, maka dengan Alt + Print Screen, bagian background tidak akan ikut serta. Gampang, kan? 😉

Pada browser, terutama Mozilla Firefox, ada beberapa shortcut yang mungkin belum banyak diketahui orang, salah satunya shortcut otomatis untuk masuk ke sebuah website. Misal nih, kamu mau masuk ke http://www.detik.com, nah kamu cukup ketik kata detik ajah trus tekan deh tombol Ctrl + Enter dan secara otomatis kamu akan masuk ke websitenya http://www.detik.com. 😉 Shortcut serupa juga bisa digunakan untuk yang (dot)org, misal http://www.akademiberbagi.org, nah kamu cukup mengetikkan kata akademiberbagi trus tekan tombol Ctrl + Shift + Enter, dan untuk (dot)net bisa dengan menekan tombol Shift + Enter. Praktis sekali ya! 🙂

Then, buat kamu yang suka bookmark beberapa web page, bisa gunakan Ctrl + D di webpage yang ingin di-bookmark. Nah jika ingin bookmark banyak web page, ada cara cepatnya nih yaitu dengan menekan Ctrl + Shift + D, maka secara otomatis semua tab yang kamu buka di browser kamu akan di-bookmarked dan bisa disimpan dalam satu folder. Lalu kalo kamu merasa tampilan page yang kamu buka kurang jelas terbaca, bisa dibesarin loh pagenya dengan menekan Ctrl + (+) dan untuk mengecilkannya juga tinggal menekan Ctrl + (-)dan cara cepat untuk kembali ke ukuran semula bisa dengan menekan Ctrl + 0.

4. Uninstall Software di PC/laptop

Jika kamu pengguna Windows, maka pastikan ketika kamu ingin meng-uninstall sebuah software di PC/laptop kamu, jangan hanya menghapus foldernya dari Disk C, karena hal tersebut bukanlah cara uninstall sebuah software. Cara yang benar adalah dengan masuk ke Control Panel –> Uninstall Program, lalu pilih program yang mau di uninstall, klik kanan –> Uninstall. Jangan sampai salah lagi yaa! 😉

5. Type Picture di PC/Laptop

Akberian pasti familar kan dengan tipe JPEG, GIF, atau PNG di file picture kamu? Nah mungkin masih banyak yang belum tau perbedaan dari ketiga tipe tersebut. JPEG pada umumnya digunakan untuk gambar dengan warna yang jumlahnya jutaan, seperti halnya hasil foto dari camera digital. Sedangkan GIF adalah tipe gambar dengan 256 warna. GIF biasanya bisa animasi dan transparan tetapi JPEG tidak. Dan PNG adalah gabungan dari kedua tipe tersebut (JPEG dan GIF), PNG berwarna tapi tidak bisa animasi.

6. Google, si Search Engine Serba Bisa

Banyak informasi yang bisa diperoleh dari si mister Google ini. Tapi tau gak sih cara tepat menggunakannya? Nah biasanya kalo kita mau mencari informasi tentang suatu hal, biasanya kita kan langsung ketik aja nih info yang ingin kita dapatkan itu. Misal ingin cari yang jual HP Samsung S3. Kita biasanya akan mengetikkan : jual hp samsung S3

Google 1

Nah hasil yang muncul biasanya akan sangat banyak, dan tidak hanya info mengenai hp samsung S3 saja yang muncul. Tapi tipe hp samsung lain juga akan ikut bermunculan. Nah jika kita ingin mengerucutkan hasil pencarian, kita bisa gunakan tanda kutip di kata yang ingin kita cari. Misalnya seperti ini :

Google 2

Dengan pencarian menggunakan tanda kutip itu, hasil pencarian kita akan lebih mengerucut sesuai dengan keyword yang kita masukkan. 🙂

Selain mencari informasi tentang hal tersebut, kita juga bisa mengetahui kurs mata uang terupdate loh lewat search engine ini. Cukup ketikkan saja : 1 usd to idr, dan voila kita bisa konversikan ke mata uang yang kita inginkan. Hasil yang muncul itu berdasar pada kurs terupdate versi google yah, bukan versi Valuta Asing. 🙂

Google 3

Selain mata uang, kita juga bisa mencari definisi suatu kata. Cukup ketikkan saja : define culture, misalnya, dan definisi ‘culture’ akan kita dapatkan. Tentu saja definisinya dalam bahasa inggris loh yaaa.. 😉

Google 4

Wah ternyata ada banyak hal yang (mungkin) belum kita ketahui tentang PC/laptop ini ya. Dan pastinya masih banyak lagi yang harus kita pelajari. Kelas #8 ini beneran membuka mata kita deh, bahwa sebagai pengguna teknologi, tentunya juga harus bisa berfikir praktis dong. Agar kemudahan semakin bisa kita rasakan. Dan untuk membiasakan diri dalam menggunakan shortcut dan hal-hal lainnya yang dishare di kelas #8 ini, tentunya harus sering dilatih di rumah ya! 🙂

Untuk informasi lengkap mengenai kelas #8 ini bisa diintip juga di twitter @akberpekanbaru dengan hashtag #pku8 #akberpku. Ciao! Sampai bertemu di kelas Akber Pekanbaru selanjutnya! 🙂

DSC04360

Advertisements

2 thoughts on “Good IT Habits with Dedy Ong

  1. Pingback: Kelas #8 Akber Pekanbaru : Good IT Habits | My Life, My Story

  2. Pingback: Good IT Habits bersama Dedy Ong di Kelas @AkberPekanbaru | Akademi berbagI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s