Local Leaders Day 2014 : Empowering Volunteers, Connecting Opportunities

Local Leaders Day, atau yang biasa disingkat menjadi LLD, kembali digelar! Kegiatan dua tahunan Akademi Berbagi ini mengundang seluruh relawan Akademi Berbagi se-Indonesia untuk berkumpul di Salatiga pada tanggal 7-9 Maret 2014 lalu. LLD pertama kali diadakan tahun 2012 di Bogor, dan di LLD yang kedua ini, kota kelahiran sang ibu founderlah yang dipilih sebagai tempat pelaksanaannya. Bertempat di Agrowisata Pondok Remaja Salib Putih Salatiga, kurang lebih 200 orang relawan Akademi Berbagi dari 34 kota di Indonesia berkumpul.

Relawan Akademi Berbagi Pekanbaru gak mau ketinggalan dong pastinya. Total kami mengirimkan ada 6 orang relawan. 1 orang (@ms_atiek) berangkat dari Malang, dan 5 orang lainnya (Bu Kepsek @sihesty, @kamiko87, @mike_shanaou, @liamarta, dan @fuadariwibowo) berangkat dari Pekanbaru dengan menggunakan pesawat yang direct ke Jogjakarta pada hari Jum’at, 7 Maret 2014 jam 07.55 wib. Sesampainya di Jogja, kami akan bergabung dengan rombongan relawan dari kota lain untuk berangkat ke lokasi LLD di Salatiga dengan menggunakan bus yang telah diselenggarakan oleh panitia.

Akan tetapi, langit Pekanbaru yang pada saat itu tertutupi kabut asap membuat kami tidak bisa berangkat sesuai jadwal. Jadwal penerbangan kami didelay hampir 6 jam lamanya. Karena delay itu tentu saja rencana berubah. Rombongan yang telah berkumpul di bandara Adi Sucipto Jogjakarta berangkat duluan menuju Salatiga. Kami akan dijemput oleh salah seorang relawan Akber Jogja yang menjadi koordinator lapangan LLD 2014, @raplee. Setelah menunggu berjam-jam, akhirnya pesawat kami diberangkatkan pukul setengah 2 siang. Sesampainya di Jogja, kami langsung bergabung dengan rombongan lain yang akan berangkat bersama kami menuju Salatiga. Ada dari Akber Labuhan Batu, Akber Makassar, Akber Jogja, dan Akber Padang. Setelah melewati perjalanan panjang, berganti angkutan umum (taksi, bus), akhirnya jam 1 dini hari kami sampai di lokasi LLD 2014.

Keterlambatan kami sampai di lokasi LLD 2014 tentu saja membuat kami kehilangan kesempatan mengikuti aktivitas Local Leaders Day 2014 di hari pertama. Materi hari pertama adalah tentang Internet Sehat yang disampaikan oleh @donnybu. Untuk ulasan singkat mengenai materi ini, bisa dilihat di sini. Oh ya, sebelum kelas dimulai, masing-masing kota memperkenalkan relawannya terlebih dahulu. Kan seperti kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang“. 😉 Di hari pertama ini juga, mbak Ainun Chomsun, sebagai founder Akademi Berbagi memberikan opening speechnya. Script tentang opening speech mbak Ai bisa dilihat di sini.

LLD bukan untuk Akademi Berbagi. Tapi untuk relawannya. Saatnya semua relawan memperkuat diri sendiri. Untuk bermanfaaat bagi kotanya.

Hari kedua, 8 Maret 2014 jam 7 pagi, semua relawan termasuk relawan Akber Pekanbaru yang baru sampai jam 1 dini hari diminta berkumpul untuk sesi foto bersama. Walau masih pada ngantuk tapi tetap semangat dong hehehe. Abis foto bareng dengan fotografer handal @9ballstraight dari Empistudio, semua relawan kembali ke ruangan untuk mengikuti materi hari kedua, yaitu sesi tigapijar. Di sesi tigapijar ini, pematerinya luar biasa keren! Ada bang Yansen Siregar, mbak Yanti Nisro dan bang Zul, yang ketiganya adalah ‘alumni’ dari Nielsen. Pagi itu, semua relawan yang telah dibagi ke dalam 20 kelompok, diminta untuk lebih mengenal dirinya masing-masing, mengingat mimpinya, membuat dream board, dan membuat target tentang mimpi mereka masing-masing.

BiK5cwpCcAAonET.jpg large

Be Positive! – pesan dari Bang Yansen Siregar di sesi tigapijar. Sumber foto : twitter mbak Ai

BiLASlKCcAACtER.jpg large

Ratusan relawan berkumpul di satu ruangan mengikuti workshop dari tigapijar. Sumber foto : twitter mbak Ai

BiMke-2CAAA-pju.jpg large

tigapijar. Sumber foto : twitter mbak Ai

Workshop tigapijar yang berlangsung seharian penuh, dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore, tidak membuat seluruh relawan merasa bosan dan ngantuk. Semua bersemangat mengikuti workshop ini. Merinding rasanya berada satu ruangan dengan hampir 200 orang relawan yang kelak akan menjadi orang-orang hebat di Indonesia. Semakin merinding ketika semua relawan ini tiba-tiba berdiri dan bersorak, “INDONESIA.. INDONESIA..” :’)

Di malam harinya, kami para relawan diminta untuk berkumpul di acara api unggun. Sebelumnya, masing-masing dari kami yang telah mengambil satu nama relawan lainnya, diminta untuk mempersiapkan mysterious gift yang akan diberikan saat acara api unggun. Dua orang relawan dari masing-masing kelompok dipanggil secara random oleh MC, @indrayust, untuk memberikan secara langsung mysterious gift mereka. Keseruan malam api unggun itu ditutup dengan nyanyi bareng yang dipimpin oleh gitaris sekaligus fotografer kece, Mas Roni.

DSC04909

Di hari ketiga yang sekaligus merupakan hari terakhir kegiatan LLD 2014 ini, ada materi yang gak kalah menariknya. Tentang “Volunteerism” dari mas Roby Muhamad. Mas Roby memberikan semangat bagi para relawan untuk terus bergerak dan membuat perubahan besar di Indonesia, seperti dulu Bung Karno, Bung Hatta, dan Syahrir membuat perubahan besar untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

DSC04937

Kegiatan LLD 2014 yang diadakan selama 3 hari 2 malam ini dirasa sangat kurang. Seluruh relawan serasa ingin mengulang lagi lagi dan lagi. Banyak manfaat yang bisa dirasakan pasca LLD 2014 ini. Selain menambah wawasan dan pengetahuan dari pemateri-pemateri yang luar biasa keren, LLD 2014 juga ‘memberikan’ teman baru bagi seluruh relawan Akademi Berbagi. Jika sebelumnya berinteraksi hanya lewat jejaring sosial, maka di Local Leaders Day inilah mereka semua berkesempatan saling mengenal satu sama lain dan bertatap muka. Tidak jarang hubungan perkenalan tersebut berlanjut menjadi hubungan yang memberikan peluang positif bagi kedua belah pihak. Seperti tema dari LLD 2014 sendiri, empowering volunteers, connecting opportunities🙂

Local Leaders Day 2014 mungkin memang sudah selesai. Tapi pengalaman dan cerita seru di balik kegiatan Local Leaders Day ini akan selalu ada di hati dan pikiran masing-masing relawan yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini. Harapan dari kegiatan ini seperti yang disampaikan oleh mbak Ainun di opening speechnya adalah agar setiap relawan dapat memperkuat dirinya dan menjadi pribadi yang dapat berkontribusi lebih bagi kotanya masing-masing.

Terima kasih mbak Ainun, terima kasih semua pemateri (mas Donny Bu, bang Yansen Siregar, mbak Yanti Nisro, bang Zul dan mas Roby), terima kasih teman-teman panitia LLD 2014, dan juga terima kasih untuk semua relawan Akademi Berbagi se-Indonesia. Sampai jumpa di LLD 2016 di Surabaya! 🙂

Akademi Berbagi – Berbagi Bikin Happy!!

DSC05000

Akber Pekanbaru di LLD 2014!

2

Sumber foto : FB mas Yudi

1

Sumber foto : FB mas Yudi

Advertisements

2 thoughts on “Local Leaders Day 2014 : Empowering Volunteers, Connecting Opportunities

  1. Senang akhirnya Pekanbaru bisa ikutan LLD setelah sebelumnya tidak ada kepastian bisa terbang. Semoga bermanfaat dan menjadi amunisi yg bisa menjaga semangat kalian. Sampai jumpa di LLD 2016.

    • Cerita selama di #LLD2014 akan menjadi bekal hidup kami yang datang dan akan selalu teringat akan cerita berkumpul dengan orang-orang hebat yang esok akan duduk sebagai pilar bangsa. Dan Dari #LLD2014 juga kami kembali ke bumi lancang kuning dan diberikan kesempatan pertama melakukan praktek the power of Volunteerism melawan asap yang menyambut kami pulang kembali.
      Salam Berbagi Bikin Happy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s