akademi berbagi kelas 10 “smoke awareness” #justreview – by @hairilhabibi

Untuk kelas sepuluh kali ini, akademi berbagi pekanbaru membahas smoke awareness. Karena beberapa waktu kemarin ini Pekanbaru lagi sibuk2nya di asapin sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab..  bête juga lama-lama di kerubungin asap mulu maka terjadilah suatu gerakan yang dinamakan gerakan #melawanasap. Ini sebagai bentuk protes masyarakat Riau atas pembakaran hutan yang akhirnya berefek sangat buruk untuk lingkungan dan masyarakatnya. aksi ini lebih banyak di lancarkan di social media, dan berhasil membawa pak presiden kita langsung datang ke TKP untuk tindakan strategis pemadaman api. Nah untuk menambah pengetahuan kita seputar asap, akademi berbagi pekanbaru mengundang Om zainul dari  OE/HES (Operation Excellent/Health Environment and Safety) PT Chevron Pacific Indonesia sebagai pembicara di kelas kali ini.

1897003_10152095695598096_1082934235_n

om Zainul menjelaskan tentang bahaya partikel asap. Tingkatan kualitas udara, dan lain-lain. Semua memperhatikan dengan serius dong. Ternyata partikel yang di hasilkan dari asap itu sangat bahaya bagi tubuh. Bentuknya hanya seperti butiran kecil sekitar sepersekian micron. Bayangin kalo butiran kecil tadi menumpuk di tubuh kita pasti bahaya banget kan. Nah.. makanya kita butuh masker yang tepat juga untuk menghalangi partikel ini masuk. contoh masker yang tepat untuk menyaring udara adalah n95. N95 ini bisa menyaring 95% partikel. Berikut penampakannya.

masker partikulat 3M Mask N95 small

Setelah itu om Zainul juga membahas tingkatan kualitas udara. Ini berhubungan dengan papan indeks standar pencemaran udara (ISPU). Tingkatannya di bedakan dengna warna. Warna hijau untuk tingkat udara baik, warna biru sedang, warna kuning tidak sehat, warna merah sangat tidak sehat, dan warna hitam berbahaya.

ispukoha

Pokoknya kelas kali ini sangat bermanfaat. Untuk pembakar lahan mudah2an cepat tobat. Untuk tim pemadam yang bertugas gue secara pribadi mengucapkan banyak terima kasih dan salut. Perjuangan #melawanasap ini masih belum selesai. kita akan terus berjuang samapi tidak ada kasus seperti ini lagi yang akan terjadi khususnya di Riau .Karena menjaga alam dan lingkungan adalah tugas kita semua.. see yaaa.. 😀

*untuk info selanjutnya silahkan jalan-jalan ke https://akberpekanbaru.wordpress.com/

Original Post : http://hairilhabibi.blogspot.com/2014/03/akademi-berbagi-kelas-10-smoke.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s