Akber #pku10 : SMOG AWARENESS – by @meityintan

Akber #pku10 : Sabtu, 28 Maret 2014

Gak cuma manusia aja loh yang bisa ulang tahun, asap juga bisa. Yup, kabut asap di Riau baru aja sweet seventeen, tau artinya apa? Udah tujuh belas tahun kabut asap di Riau dan yang terakhir, baru lewat beberapa pekan lalu adalah yang terparah. Sempat heboh di media sosial berupa ‘kutukan2’ para user di fb, twitter, dkk yang bilang kalo pemerintah gak peduli dengan masyarakat Riau. Danquote yang aku paling setuju adalah ‘MEMBUNUH PERLAHAN-LAHAN’. Agak miris memang, tapi begitulah kenyataannya. Itu bentuk gerakan masyarakat agar Riau diperhatikan. Setelah sebulan lebih hidup kayak di negeri dongeng – maksudnya apa yang ada didepan kita gak keliatan saking tebalnya kabut asap, baru deh Presiden ambil tindakan.
Baru sekitar seminggu reda, kabut asap muncul lagi. Mungkin gak semua yang sadar karena gak setebal yang kemaren, tapi tetap perlu diwaspadai. Dan Alhamdulillah, ada Akademi Berbagi, kelas gratis yang diatur oleh relawan-relawan kece, bikin kelas tentang isu ini.SMOG AWARENESS jadi judul kelasnya. Semoga korban-korban bencana ini makin aware dan memproteksi diri seaman mungkin.

Cukup buat basanya, biar gak jadi basi, halah, apossee….

Cekidot..
Kelas Akber#pku10 ini seperti biasa bertempat di Chevron CornerPustaka Wilayah Soeman HS Pekanbaru. Dari yang dijadwalkan pukul 9.30, kelas baru dimulai sekitar pukul 10, menunggu pembicara dan peserta. Setelah kelas dibuka dan MC memaparkan sedikit fenomena kabut asap di Riau, mulailah sang narasumber berbicara, Pak Zainul dari OE/HES (Operation Excellent/Health Environment and Safety) PT Chevron Pacific Indonesia.

Pak Zainul, berharap kita sebagai masyarakat Riau agar tetap menebarkan isu ini di media sosial buat pemerintah agar ada penanganan dan gak terjadi lagi. Gak mau kan asap di Riau bertambah ‘dewasa’??

Mata perih, tenggorokan gatel,sesak napas, pusing, itu dampak jangka pendek. Dan tau gak, dalam waktu beberapa tahun kedepan *kalo masih idup, bisa memicu cancer.
K-A-N-G-K-E-R sodara-sodara !!
Kok bisa? Yaiyalah

Pak Zai bilang, partikel-partikel yang terkandung dalam asap itu lama-kelamaan akan berbenturan dengan mukosa (selaput pelindung saluran pernapasan), trus bisa menyebabkan iritasi. Nah, kalo udah iritasi, kuman gampang masuk dan bisa memicu terjadinya ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Dan parahnya, bisa juga menyebabkan cancer berkembang.

 

Nah, biar gak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus bisa memproteksi diri dari bahaya asap ini. Selain jaga kesehatan dengan makan bergizi dan istirahat cukup, kita juga harus mengurangi atau mencegah udara kotor masuk ke sistem pernapasan. Caranya, kurangi aktivitas diluar ruangan. Kalaupun memang harus keluar, pakai pelindung, yaitu MASKER. Masker yang aman itu yang menutupi area sekitar alat pernapasan guna mencegah masuknya udara kotor masuk. Jadi, jangan asal-asalan pake ya. Walaupun terasa kurang nyaman, yang penting kita aman.

IMG_4542 IMG_4547

Masker kece N95 dari kelas Akber #pku10 IMG_4540

BUKAN BURONAN !!

Kurang kece apa kelas Akber Pekanbaru, udahlah dapet ilmu gratis, punya kenalan baru, dikasih masker gratis lagi!! Haha… many thumbs deh buat Akber ^^

 

akberpekanbaru.wordpress.com

fb : Akber Pekanbaru

twitter : @AkberPekanbaru

akber #pku10

foto twit akber : bersama relawan, narasumber, peserta

Original Post : http://meityintan.blogspot.com/2014/03/akber-pku10-smog-awareness.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s