#PKU10 – SMOG AWARENESS

Kelas Akademi Berbagi bertajuk “SMOG AWARENESS” kembali kita selenggarakan di perpustakaan wilayah Soeman H.S 28 Maret 2014 , setelah para relawan akber pekanbaru kembali dari LLD 2014 di salatiga dan sebuh tragedi besar di riau dan pekanbaru pada khususnya , tragedi asap.

SMOG AWARENESS akan membahas seluk beluk kabut asap di riau dan bagaimana mengatasinya dengan menghadirkan Guru Kelas #pku10 dari TIM OE/HES PT.Chevron Pacific Indonesia, Pak Zainul. Sebagaimana kita mengetahui bahwa keselamatan adalah nomer satu merupakan concern PT.Chevron Pacific Indonesia.

Titik hotspot di sumatera tahun 2014 ini adalah yang paling tinggi terjadi di Januari – Februari Dibuka dengan kualitas udara di papan ISPU sudah masuk dalam kategori “TIDAK SEHAT”, semakin membuat kita penasaran sebenarnya apa sih dampaknya bagi kita yang menghirup kabut asap tersebut.

Om zainul membuka dengan data statistik titik hotspor dari tahun 2006,tahun 2014 ini kondisi titik asap ini bisa diatasi jika di pertengahan tahun ini ada curah hujan yang tinggi meskipun akan ada hal yang diluar kendali kita yang sekarang ini sedang kita hadapi, Para Pembakar Lahan.
kelaspku11
Kondisi di riau yang merupakan lahan gambut menyulitkan upaya pemadaman karena lahan gambutlah yang membutuhkan perlakuan pemadaman dengan bara api dibawah akar.

Mari kita membahasa didalam asap tersebut kandungan partikelnya, CO, SO2, NO2, dan Ozon (O3)dan inilah komponen yang diukur sehingga kita bisa melihat indeks di papan ISPU yang bisa kita jumpai salah satunya di simpang jalan nangka.

Ketika ada udara yang masuk ke pernafasan kita mengandung partikel yang tidak sehat, tubuh secara otomatis akan membuang partikel tersebut, serta cara pembuangan itu adalah dengan bersin atau batuk. Kondisi kabut asap ini juga berbahaya untuk ibu hamil karena dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim. PArtikel berbahaya yang menumpuk dalam satu organ apapun dalam aliran darah maka ditempat berkumpul itulah yang akan membuat penyakit kronis.

Kategori indeks stadar pencemaran udara (ISPU) terbagi menjadi 5:

  • Baik ,
  • Sedang ,
  • Tidak sehat ,
  • Sangat tidak sehat
  • Berbahaya.

Kategori baik (warna hijau) dg rentang 0-50, Sedang (warna biru) dg rentang 51-100 masih tergolong aman bagi manusia. Kategori Tidak Sehat (warna kuning) dg rentang 101-199. Kategori ini berdampak bagi yang menderita asma atau gangguan pernafasan.

Dan Mari kita tandai gejala akibat paparan kabut asap antara lain pusing dan sesak nafas. dan ketika gejala yang terjadi adalah seperti tersebut dalam slde, maka yang harus kita lakukan adalah segera berangkat dan atau bawa ke Unit Gawat Darurat jangan ke dokter umum agar mendapatkan penanganan khusus.

Ketika kondisi kabut asap kembali memburuk, maka yang bisa kita lakukan adalah :

  • Menghindari / mengurangi aktifitas di luar rumah / gedung dan banyak minum air putih.
  • Jangan lupa pakai masker dan kacamata apalagi kabut asap kembali tebal.
  • Tutuplah tempat penampungan air diluar rumah , harus ditutup untuk menghindari masuknya partikel berbahaya.

Kemudian kelas ditutup pleh om zainul dengan mengajarka menggunakan asker N95 serta pembagian kepada peserta dan relawan. masker

Kelas yang menarik akan lebih lengkap ketika akberian

  • Membaca chirpstory kami ,  –> #Pku10
  • Download materi lengkapnya di link ini –> #Pku10

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s