Street Photography – Outdoor Class #pku11

387444_2512880232497_2129638614_n Untuk Akademi Berbagi kelas 11 ini mengambil tema Street Photography. Kelas yang di adakan di area Car Free Day Pekanbaru ini di ikuti oleh 25 peserta. Untuk kelas kali ini kAkademi Berbagi mengundang Mas Roni sebagai pembicara. Beliau memberikan beberapa tips dan trik untuk mengambil photo menggunakan kamera berlensa besar maupun dengan kamera Handphone.

Menurut Mas Roni, Photo adalah mengambil momen. Karena suatu momen tidak bisa di kembalikan lagi. Itu yang membuat photo berharga. Photo juga bisa men-trigger Hardisk atau memori di otak kita. Dengan kata lain seperti note yang menandai setiap moment kita.

Berikut apa-apa saja yang perlu di perhatikan dalam sebuah photo.

  • Pilih Elemen
    Temukan elemen yang akan menunjang cerita yang akan di sampaikan. Karena ketika elemen tidak cocok dengan yang akan kita ceritakan, ini akan menimbulkan kebingungan terhadap orang yang melihat photo kita.
  • Framing
    Kadang kita bertemu dengan pemandangan yang luar biasa atau hal yang sangat cocok untuk di simpan sebagai momen. Tapi kita bingung ingin menentukan apa yang harus kita ambil. Bisa jadi objek yang ingin kita ambil lebih besar dari layar di kamera kita. Apa yang harus kita lakukan? Yups.. framing. Framing lebih ke menentukan objek yang akan kita simpan sebagai momen. Maka framing sangat di butuhkan ketika kita mengambil sebuah photo.
  • Hal-hal pendukung
    Hal-hal pendukung seperti filter atau hal lainnya juga harus di pertimbangkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari sebuah photo.
  • Background
    Background juga termasuk hal yang harus di perhatikan ketika kita mengambil photo. mungkin salah satu yang paling penting untuk di perhatikan. Background yang sesuai akan menghasilkan photo yang cocok dengan cerita yang ingin kita sampaikan.
  • Balance
    Dengan balance antara objek satu dan yang lainnya. Akan membuat photo kita menjadi lebih baik lagi. Ini bisa di lihat dari titik blur dan titik tajam gambar. Sebagai contoh anggaplah kita mempunyai dua objek yaitu tutup pena dan Handphone. Secara bentuk, keduanya tidak balance karena ukurannya sangat berbeda. Untuk mengakalinya, ubah posisi tutup pena tadi ke arah depan handphone. Sekarang tutup pena berada di titik tajam photo. dan handphone berada di posisi blur. Jika kita lihat dari depan dan ketika kita photo, hasilnya akan terlihat seakan ukuran tutup pena sama ukurannya dengan handphone tadi.

Selain  itu hal-hal yang di atas, yang perlu kita perhatikan adalah Squiz atau cara memegang kamera. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal usahakan memegang kamera dengan cara sedikit meremas. Ini untuk menghindari tekanan ketika kita menekan tombol photo.

peserta_kelasJika dari sudut pandang penangkapan salah satu peserta ( Intan) dalam Blognya

Intinya, kita memotret itu untuk mengabadikan moment. Waktu gak akan bisa diulang dan dengan dokumentasi yang baik, kenangan kita gak bakal hilang. Gak harus dengan kamera canggih harga selangit, gadget yang kita punya juga bisa dimanfaatkan. Biar fotonya bagus, tinggal belajar cara memotret yang baik.
“Yang penting dari sebuah foto itu CERITA. Segala sesuatu yang ada dalam foto harus menunjang cerita yang ingin ditampilkan. Baik dari background maupun objeknya. Cara penempatan objek juga harus diperhatikan. Selain materi kita juga harus praktek, percuma kalo gak motret. Keep practice, keep clicking “

Kelas Akademi Berbagi Pekanbaru #pku11 meninggalkan kesan tersendiri bagi perjalanan kelas baru dengan metode outdorr, masih seperti yang dituliskan oleh intan peserta kelas akber #pku11 apalagi dari Guru Kita satu ini membuka kesempatan untuk terus berinteraksi dan bertanya diluar kelas mengenai hasil jepretanya melalui twitter.

Walau hanya beralaskan tikar dan beratapkan langit cerah, para akberian tetap semangat dan antusias dengerin sang cikgu memberi materi. Bang Roni Azhar, cikgu kece pemilik Empistudio. – Meity Intan

Karena Kelas Akademi Berbagi, Berbagi Bikin Happy.

Contributors : Hairil Habibi (Relawan) and Meity Intan Surya (Peserta Kelas #Pku11) For Akademi Berbagi Pekanbaru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s