Kekerasan Seksual Anak? Kelas #pku12

Untuk kelas 12 Akedemi Berbagi Pekanbaru kali ini mengambil judul Child Sexual Abuse . Tema ini sengaja di angkat karena maraknya perlakuan tidak senonoh dan kekerasan sexual terhadap anak yang marak di beritakan di berbagai media belakangan ini.

Kelas ini diadakan dengan tujuan untuk menambah wawasan kita mengenai kekerasan terhadap anak dan bagaimana kita bisa mencegah agar tidak banyak lagi korban. Akademi berbagi Pekanbaru mengundang Psikolog bu Hj. Aida Malikha, S.Psi, M.Si dari biro Psikologi Humanika sebagai pembicara untuk kelas 12 ini. yuk simak..

Menurut bu Aida, yang di maksud kekerasan seksual pada anak itu adalah apabila seseorang menggunakan anak untuk mendapatkan kenikmatan atau kepuasan seksual. Yang termasuk di dalamnya seperti menyentuh tubuh anak secara seksual, baik si anak memakai pakaian atau tidak, termasuk bentuk penetrasi seks, memakasa anak terlibat dalam aktivitas seks, atau secara sengaja melakukan aktivitas seks di hadapan anak, dan memperlihatkan kepada anak, gambar atau photo yang tidak senonoh.

Fenomena yang terjadi FBI menyebut kasus Fedofilia tertinggi di Indonesia. Dan rekor kasus terbanyak terdapat di Riau. Bayangin, ternyata di Riau menduduki posisi puncak dengan korban kekerasan seksual terbanyak. Ckckkc..

pku12_bannerMenurut Bu Aida lagi, pelaku kekerasan seksual ini bisa di lakukan orang yang tidak dikenal dan orang yang di kenal dengan cara membujuk atau mengancam. Kekerasan seksual ini sangat berdampak buruk terhadap korban, seperti masalah psikologis dan perilaku, takut dan cemas terhadap lawan jenis, perilaku regressive seperti ngompol, dan isap jempol. Gangguan tidur, gangguan perilaku atau orestasi di sekolah dan mengurung diri. Malah dampak yang lebih parah lagi, korban bisa depresi, yang akhirnya memunculkan tingkah laku yang self destructive seperti minum minuman keras, narkoba, insomnia dan lain-lain.

Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana merecovery korban kekerasan seksual. Menurut Bu Aida lagi, cara merecovery korban pelecehan seksual tergantung pada usia, durasi, derajat “kekasaran”, derajat “kekuatan”, dan interpretasi anak. Dan juga tentunya butuh dukungan atau support dari keluarga dan orang-orang terdekat.

Nah dari penjabaran di atas, kekerasan seksual terhadap anak sangat berdampak negative. Korban perlu masa pemulihan dari depresi yang terkadang bisa memakan waktu yang lama.

Berikut beberapa cara untuk melindungi anak dari kekerasan seksual dari Bu Aida.

  • Jangan membiasakan anak untuk memeluk dan mencium orang lain.
  • Ajarkan anak pendidikan seksual dasar. Ajarkan mereka bahwa tidak seorang pun boleh menyentuh bagian pribadi mereka.
  • Bangun komunikasi yang kuat dengan anak. Dukung mereka untuk bertanya dan menceritakan pengalaman mereka.Jelaskan pentingnya melaporkan kekerasan pada orang dewasa yg terpercaya
  • Ajarkan mereka keberanian untuk melawan orang yang akanmelakukan kekerasan terhadap mereka.
  • Kenali teman anak-anak kita dan keluarganya.
  • Ingatkan pada anak untuk tidak masuk ke dalam mobil (pergi) dengan orang lain tanpa izin dari kita.
  • Ajarkan pada anak bahwa tubuh mereka adalah milik mereka, jadi boleh mengatakan Tidak, bila mereka tidak mau dipeluk atau mengalami sentuhan yang membuat mereka tidak nyaman.

Perlu diingat : Seringkali pemaksaan secara fisik tidak perlu dilakukan oleh pelaku kekerasan seksual.karena anak percaya dan tergantung dan mau melakukan apa saja untuk mendapatkan persetujuan dan kasih sayang. Ini juga semacam ironi yang terjadi. Karena kebanyakan predator membujuk korban dengan sangat baik, jadi korban akhirnya bisa di rayu karena jarang mendapatkan kasih sayang dari keluarga maupun orang terdekat. Ini juga harus menjadi salah satu evaluasi buat kita bersama. Agar tidak ada lagi korban-korban selanjutnya.

Daaannnn terakhir. tentu saja kelas akber kali ini sangat bermanfaat. Mudah-mudahan bisa mendapatkan sesuatu yang bisa member inspirasi untuk membuat negeri kita menjadi lebih baik lagi.smapai jumppa di kelas berikutnya..

PKU12Ditulis oleh Relawan Akber Pekanbaru : Hairil Habibi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s