Catatan Anak SMA – Belajar Sambil Berbagi Yang Bikin Happy

Akhir-akhir ini, saya mengalami moment-moment dimana saya menyesal pernah merasakan bosan sekolah, bosan belajar, bosan mengerjakan tugas, karena sekarang saya malah bosan liburan. Ya, seusai ujian nasional, dua puluh empat jam saya habiskan hanya dirumah. Memang menjadikan kulit saya putih alami, tapi yaa, saya bukanlah bintang iklan produk kecantikan sehingga kulit putih pucat ini apalah gunanya.
Dan masalahnya, kulit sayapun bukanlah putih, tapi sawo matang. Anggap saja warna kulit saya sekarang ini sawo-matang-pucat, absurd memang.

Untung saja, beberapa event hadir mengurangi kesenjangan liburan saya, dan di post ini yang saya bahas adalah Akber Pekanbaru.
Liat barisan kedua, ada yang pakai jaket hitam baju biru, ganteng banget, suer gak bohong *padahalgakkelihatan*

Apa itu Akber? Akber bukanlah benda untuk menampung air, jelas bukan karena itu ember. Juga bukan tempat remah remah rokok karena itu asbak. Lagipula Asbak dan Akber terlalu jauh.

Baiklah, saatnya serius. Akber adalah singkatan dari Akademi berbagi. Sebuah kegiatan volunteering yang sangat unik menurut saya. Keunikan utama dari Akber adalah sifatnya yang Gratis. Benar, gratis! Tenang, tidak ada yang jualan buku seperti seminar seminar gratis pada umumnya, semuanya full gratis! Mulai dari volunteernya yang sukarela, pemateri yang sukarela, dan peserta yang sukabanget karena gratis *eh*

Keunikan yang kedua adalah konsepnya yang seperti sekolah. Dimana ada Kepala Sekolah, juga ada relawan-relawan yang piket *sekolahbanget*, pemateri selayaknya guru dan peserta sebagai murid. Gimana gak seru coba? Udah gratis, ilmunya mantap lagi.
Masalah ilmu, tiap pertemuan (diusahakan dua kali sebulan) mengangkat topik yang berbeda-beda. Pernah tentang Good IT Habits, Make own event, Child Abuse, dll. Untuk kelas #Pku13 yang saya ikuti tadi, membahas tentang Public Speaking dengan BangSat, eh Bang Satria Batubara yang sudah lama terjun di bidang Public Speaking sebagai pematerinya. Buat yang bertanya seru atau enggak, jelas banget seru! Liat aja barang buktinya:

Kelihatan kan gimana suasananya? Kalau sudah ikut dua kali kelas Akber, bisa ikutan juga jadi relawan Akber. Eits, jangan berorientasi materi ya, karena kegiatan di Akber berlandaskan ‘berbagi bikin happy’ Tentu bahagia dong bisa saling berbagi ilmu?

Behind the scene nya nih, sebenarnya saya tau Akber pekanbaru udah sejak jaman baheula, sejak apple cuma produksi imac, eh gak ding tua banget. Setidaknya dulu itu lihat lihat dari facebook ada grup Akber Pekanbaru, eh ternyata Bundo Neyna dan Daddy Prima udah gabung duluan, gabung juga deh, tapi saya sebagai seorang anak lugu, alim, ganteng dan keren paling kecil di grup tersebut, tentu saja merasa, emm.. canggung. Juga tadi saat kelas Akber pertama saya, awalnya diam aja, ngomong bentar sama bundo, ngomong nanya pertanyaan saat sesi tanya jawab. Tapi pas udah selesai, baru deh chit chat sana sini sama relawan akber. Dari lima belas orang relawan akber, cuma dua yang masih kuliah. Dan tadi juga dibilang bahwa saya adalah peserta akber termuda, pertama kalinya ada peserta akber yang belum ada kerut ya *eh*. Alhamdulillah hehe, setidaknya lebih muda bergabung lebih banyak waktu untuk menimba ilmu, right? Walaupun rata rata relawan Akber sudah bekerja semua, tapi pada kece kece badai kok! Gaul gaul semua lagi, *kelas akber selanjutnya minta fee udah bilangin relawannya kece, hehe* Jadi kelas nya asik banget, salut sama mereka yang dikesibukannya masih tetap sempat volunteering :))

Nah, berhubung tadi juga ketemu sama Jeng Liz, dan chit chat serta belajar sedikit juga dari Jeng Liz dan beberapa Internet Marketeers Riau, sepertinya saya tertarik, mudah mudahan ketertarikannya bertahan lama *eh*, dan bertambah lah ketertarikan saya selain bidang seni, prosa, biologi, psikologi, sosial, Public speaking, graphic design dan berjuta juta ketertarikan saya yang hanya berhujung rasa penasaran untuk terus mempelajari bidang tersebut. Sepertinya saya candu belajar, huehue.

Karena saya sudah ngalor ngidul, lebih baik langsung saja kunjungi blog Akber Pekanbaru atau follow @AkberPekanbaru di twitter. Grup facebook akber juga bisa dilihat di blog nya. Daripada gak jelas di weekend mending belajar gratis di Akber Pekanbaru :))
Yang tidak di Pekanbaru jangan berkecil hati, Akademi Berbagi ada di puluhan kota lainnya di Indonesia, cari informasi dan nantikan kelas Akber dikotamu! ^^

Catatan Editor :
Varrel, adalah peserta kelas #akberpku #Pku13 yang masih duduk di bangku SMA, surprise dan bahagia kelas akademi berbagi dihadiri adik-adik dari SMA dengan tema “Publik Speaking Praktis”.
Terima kasih untuk Testimoni mengenai Akademi Berbagi Pekanbaru, Ajakin Kawan-kawanmu ya Varrel.

Original Post :
Nyebleh Blog , Foto Diambil dari Twitter #aberpku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s