Selamat Ulang Tahun, #4Akber!

Siapa bilang ilmu yang berkualitas itu sangat sulit untuk diperoleh?
Siapa bilang mendapatkan ilmu langsung dari pakarnya harus selalu membayar mahal?
Siapa bilang belajar itu harus selalu duduk rapi di bangku sekolah?

Sejak 4 tahun lalu, Akademi Berbagi (Akber) membuktikan bahwa ilmu yang berkualitas itu tidaklah mahal dan tidaklah sulit untuk didapatkan. Pun juga tidak selalu harus diperoleh di bangku sekolah atau pendidikan formal lainnya. Karena Akber hadir untuk menunjukkan bahwa semua orang, dari kalangan apa saja, bisa belajar tanpa harus membayar. Semua orang bisa belajar apapun yang ingin ia pelajari, langsung dengan pakarnya. Semua orang bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Adalah mbak Ainun Chomsun, yang pada 9 Juli 4 tahun lalu, menginisiasi adanya kelas gratis untuk belajar tentang copywriting bersama bapak Subiakto. Kelas gratis tersebut pada akhirnya terus berjalan hingga saat ini. Tersebar di 34 kota di Indonesia. Mengangkat berbagai materi yang menarik dan bermanfaat. Memanggil semua praktisi dan para pakar di bidangnya untuk turut berkontribusi. Dan juga menyatukan semua orang secara sukarela untuk ikut serta mengelola gerakan ini, dengan jumlah 200 orang relawan dari seluruh pelosok Indonesia.

  • Akademi Berbagi tidak hanya mengajarkan kita tentang beragam ilmu pengetahuan yang dibagi oleh para pakarnya di kelas-kelas Akber di tiap kota.
  • Akademi Berbagi mengajarkan kita untuk peduli dan memiliki semangat berbagi yang tiada henti. Berbagi ilmu pengetahuan kepada siapa saja, di mana saja dan kapan saja.
  • Akademi Berbagi juga mengajarkan kita tentang semangat volunteering. Berbagi tanpa pamrih. Berbagi dengan sukarela. Berbagi dengan sepenuh hati, karena berbagi itu bikin happy.

logo_4th_akber_putih (2)Selamat ulang tahun yang ke-4, Akademi Berbagi!

Terima kasih untuk mbak Ainun Chomsun yang sudah menginisiasi gerakan positif ini. Saya bangga bisa menjadi bagian dari Akademi Berbagi. πŸ™‚ Lewat Akademi Berbagi, saya di Pekanbaru jadi bisa melihat sisi lain dari kota bertuah ini. Bahwa kota ini (ternyata) memiliki begitu banyak potensi lokal yang mungkin sebelumnya luput dari perhatian saya selama ini.

Lewat Akademi Berbagi, saya merasa memiliki keluarga besar yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Meski interaksi hanya sebatas interaksi di social media, tapi energi positif yang diberikan begitu besar terasa.

Semoga di usianya yang ke-4 tahun ini, Akademi Berbagi semakin berkembang lebih baik lagi. Semoga semangat berbagi dan volunteering ini semakin menyebar ke seluruh pelosok negeri, tanpa mengenal kata henti.

Selamat ulang tahun, #4Akber! Selamat ulang tahun, ibu founder! Selamat ulang tahun, teman-teman relawan! Semoga kesuksesan selalu menyertai langkah kita semua.

avatar 4tahunSalam hangat dari Pekanbaru. πŸ™‚
Lianda Marta – Kepala Sekolah Akademi Berbagi Pekanbaru

Original Post – Liandamarta.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s