Branding UKM, Kelas Spesial #1thAkberPKU – #Pku16

Selamat Ulang Tahun Akber Pekanbaru!

Tidak terasa komunitas Akademi Berbagi Pekanbaru sudah hadir selama setahun di kota Pekanbaru. Akber Pekanbaru hadir untuk menggali potensi-potensi lokal yang ada di Pekanbaru, untuk menjadi guru dan relawan yang akan menghidupkan Akber Pekanbaru.

Akber Pekanbaru pertama kali mengadakan kelas pertamanya di Pustaka Wilayah, tepatnya di Chevron Energy Corner pada tanggal 28 September 2013 dengan tema “Membangun Komunitas di Era Social Media. Pematerinya ialah founder Akademi Berbagi, yakni Mbak Ainun Chomsun dan Bang Fiko dari Blogger Bertuah.

Seiring waktu berjalan, Akber Pekanbaru rutin mengadakan kelasnya minimal 1 bulan sekali. Antusiasme warga Pekanbaru terhadap kelas Akber cukup baik, bisa dilihat dengan meningkatnya jumlah peserta yang mendaftar untuk ikut Kelas Akber dan banyak juga mengajukan diri untuk menjadi relawan di Akademi Berbagi Pekanbaru.

Di kelas #PKU16 ini, diadakanlah kelas dengan tema “Branding UKM”. Pematerinya adalah seorang Marketing Manager yang bernama Barumun Nanda (Bang Nanda). Ia adalah Marketing Manager dari salah satu UKM di Pekanbaru yang bergerak di bidang kuliner, tepatnya kue yakni L’Cheese Factory.

UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebuah bisnis yang sedang menjadi trend saat ini. Pemain di UKM juga cukup banyak, tetapi seiring waktu tidak sedikit UKM yang mundur bahkan tutup karena tidak pandai dalam mengelola pemasaran produk/jasanya. Di kelas #PKU16 ini, Bang Nanda memberikan ilmunya tentang bagaimana mem-branding UKM, agar UKM tersebut dapat diterima dan dikenal luas oleh masyarakat.

Di dalam sebuah brand usaha yang akan kita jalankan, ada 2 unsur penting yang harus ada, yakni Kolaborasi (Inside) dan Service is Care (outside).

Kolaborasi terdiri dari :

  1. Karyawan. Karyawan adalah aset terpenting di dalam sebuah usaha. Usaha bisa berjalan dengan baik, karena ada karyawan yang membantu menjalankannya. Maka dari itu, kesejahteraan karyawan adalah hal utama yang harus di perhatikan. Di dalam merekrut karyawan pun kita harus memiliki kriteria yang cocok dengan usaha yang dijalankan.
  2. Pembeli Inside dan Outside : pembeli outside ini terdiri dari pembeli dari luar yang memang datang untuk membeli produk usaha kita.

Service is Care

Pelayanan adalah salah satu unsur yang dapat membantu menaikkan branding di dalam usaha. Usaha dapat dikenal luas salah satunya dengan dikenalnya pelayanan yang baik dari usaha kita. Pelayanan ini pun ada beberapa tahapnya, yakni Sebelum, Ketika, dan Sesudah.

Apakah yang dimaksud dengan pelayanan Sebelum, Ketika dan Sesudah itu?

  1. Sebelum : Saat konsumen akan memutuskan untuk membeli/menggunakan produk usaha, haruslah diperhatikan bagaimana proses bagaimana ia mengetahui usaha yang kita jalankan.
  2. Ketika : Saat konsumen sudah sampai dalam tahap akan membeli/menggunakan produk dari usaha,pastikan konsumen dapat menentukan pilihannya dengan tepat .
  3. Sesudah : Apresiasi konsumen yang telah memilih menggunakan produk/jasa usaha dengan ucapan terimakasih, senyuman dan buatlah ia merasa bangga dengan usaha kita.

Sehingga hal ini terangkum dalam Touch point End –To-End Costumer Journey.

Setelah pelayanan dirasa cukup baik dan usaha telah berjalan dengan lancar, maka akan didapat data-data selama usaha tersebut berjalan. Data yang valid dapat digunakan untuk meningkatkan branding usaha dan menaikan omzet. Data-data dapat diperoleh dari pendapat konsumen mengenai harga, jenis-jenis produk yang ditawarkan, respon konsumen terhadap produk,bagaimana konsumen memperoleh produk, dan promo-promo yang dihadirkan.

Di trend digital sekarang, promosi melalui social media adalah hal yang bagus, dibandingkan dengan bentuk promosi terdahulu yang rumit dan mahal, social media memudahkan segalanya.

Kenapa social media?

Karena dengan banyak social media yang hadir, maka banyak cara pemilik usaha untuk mempromosikan usahanya.

Tidak sedikit setelah konsumen melakukan tranksaksi, secara tidak langsung mereka akan membuat sebuah testimoni yang  bisa saja di posting di twitter, di foto dan di upload ke fb atau instagram bahkan ada juga yang secara sukarela membuat sebuah video untuk memberikan reviewnya.

Nah, dengan hadirnya berbagai macam social media,tentunya dapat di tentukan konten-konten apa yang dapat diisi sesuai dengan social media yang digunakan.

Konten-konten tersebut antara lain:

  1. Foto-foto keceriaan konsumen yang membeli/menggunakan produk kita
  2. behind the scenes dalam pembuatan produk
  3. Anggota team yang berperan dalam usaha
  4. Event-event  yang pernah di hadiri dan berkaitan dengan usaha
  5. Personality dari brand
  6. Print Ad produk
  7. Orang- orang yang menginspirasi
  8. Quote yang berkaitan dengan usaha
  9. Share konten dengan rapih,teratur serta terjadwal dengan baik ke semua social media yanf dimiliki
  10. Geo tag,untuk memberitahu tempat-tempat penting
  11. Buat hashtag unik berdasarkan CLEEPS ( Categories ,Location,Emotions,Event,Products)
  12. Tebak-tebakan seputar produk
  13. Versus ,untuk membandingkan produk-produk yang dimiliki,menentukan banyak peminat pada suatu produk
  14. Sesuatu yang bertema sama dengan produk
  15. Photo produk,perlu diperhatikan,photo produk memang harus bagus,tetapi photo tersebut harus sama dengan produk apa yang akan berikan kepada konsumen. Jangan sampai ekspektasi konsumen sudah tinggi ,tapi tidak sesuai dengan yang didapat
  16. Buat video pendek,bisa mengenai produk,dibalik produksi,event yang berlangung
  17. Photo tempat jualan dan kaitkan dan kaitkan momentnya

Nah, setelah Bang Nanda mengisi kelas #pku16, kelas ditutup dengan perayaan ulang tahun akber Pekanbaru yang pertama. Kepsek Akber Pekanbaru, Lianda Marta menceritakan perjalanan Akber Pekanbaru setahun ini serta memperkenalkan relawan Akber Pekanbaru yang dari waktu ke waktu semakin bertambah. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun dan kue dibagikan kepada peserta kelas #pku16

Selamat ullang tahun Akber Pekanbaru! Teruslah berbagi, karena berbagi bikin happy 🙂

10410807_10204092070118030_472574054339494235_n 1thakber2.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s