5 Tahun Akademi Berbagi

cropped-img_1952.jpgSebuah gerakan yang dimulai dari langkah kecil, hanya demi membuat tempat belajar yang mudah diakses siapa saja, bermula dari 140 karakter di twitter, akhirnya menggelinding, membesar dan terus berjalan hingga sekarang memasuki usia 5 tahun.

Bermula dari satu kota di Jakarta, kemudian diduplikasi di banyak kota, pernah mencapai 50 kota, tapi akhirnya yang tetap aktif hingga sekarang ada 25 kota di Indonesia. Sebuah perjalanan yang penuh lika-liku, dengan semangat yang naik turun, tertatih-tatih mewujudkan mimpi. Dari mimpi yang sederhana kemudian menjadi mimpi besar untuk Indonesia.

Kami para relawan yang menjalankan, sedang belajar bagaimana menjaga komitmen dan konsistensi. Susah? Sudah pasti, tetapi happy! Ya berbagi memang selalu bikin happy.

5 tahun sebuah usia pencapaian yang menggembirakan untuk sebuah gerakan berbasis kerelawanan. Walapun masih panjang perjalanan untuk mewujudkan mimpi besarnya. Lebih dari 5.000 murid pernah belajar, lebih dari 100 guru pernah mengajar, lebih dari  1.000 kelas diselenggarakan dan lebih dari 200 relawan pernah mengabdi dan tersebar di berbagai kota di pulau Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Akademi Berbagi menjelma menjadi sebuah keluarga besar, dari berbagai suku dan ethnis. Tempat di mana kami merajut mimpi bersama, tentang memajukan manusia Indonesia. Karena sesungguhnya belajar adalah hak sekaligus kewajiban, belajar sesungguhnya sepanjang hayat dikandung badan dan belajarlah yang bisa membawa manusia menjadi lebih berkualitas. Di mana pun kita berada, sudah seharusnya terus belajar dan mengasah kemampuan diri.

Teknologi membuat semua orang punya kesempatan yang sama. Social media membuat kita terhubung ke seluruh dunia. Tidak ada lagi batasan baik geografis, kedudukan maupun kekayaan. Siapa pun bisa menjadi apa pun, selama menggunakan kesempatan yang ada sebaik-baiknya.

Mimpi besar Akademi Berbagi adalah, memajukan kualitas manusia Indonesia. Kunci kemajuan sebuah bangsa bukan pada kekayaan alamnya, tetapi manusianya. Andai setiap kota ada Akademi Berbagi dan menjadikan tempat untuk belajar, berbagi dan membangun jaringan sehingga berbagai masalah di masing-masing kota bisa diselesaikan maka tidak ada lagi kesenjangan yag besar antar wilayahnya.

Masih banyak langkah dan masa yang harus kami jalani, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi, semoga kami tetap istiqomah menjalani. Doa, dukungan serta bantuan dari berbagai pihak yang membuat Akademi Berbagi bisa terus berjalan. Terima kasih tak terhingga kepada para guru, perusahaan, lembaga, donatur serta para relawan yang secara tulus memberikan waktu, tenaga, pikiran, ruang dan uang untuk Akademi Berbagi.

Mari terus berjalan dan bergandengan tangan untuk memajukan manusia Indonesia, karena tidak ada sukses yang dibangun sendirian. Butuh lebih banyak tangan untuk membuat perubahan.

Selamat ulang tahun Akademi Berbagi, Berbagi selalu bikin happy!

 

Jakarta, 9 Juli 2015

Founder,
Ainun Chomsun

Original Post from  : Akademi Berbagi Official Site

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: