Berisiknya #MelawanAsap di Social Media

Kondisi kabut asap yang melanda Pekanbaru dan Sumatera sejak belasan tahun lalu, kembali terulang di tahun ini. Hari ini kondisi kabut asap tersebut mencapai puncaknya. Kadar PM10 di Pekanbaru mencapai angka 1000 yang berarti kualitas udara kota Pekanbaru berada di level berbahaya dan masih terus bertahan sampai dengan sore hari pukul 16.00 wib.

Kejadian ini sudah diributkan oleh teman-teman kami di Pekanbaru melalui media sosial Twitter, Instagram, Facebook, dan Path sejak pagi tadi. Hal tersebut membuat kondisi sosial media di kalangan teman-teman Pekanbaru mendadak riuh melalui hashtag #melawanasap dan #masihmelawanasap.

Melalui sebuah channel Youtube apaajadotcom yang mengunggah kondisi Pekanbaru beberapa waktu lalu, masyarakat Riau menyuarakan suara hatinya. Tentunya kondisi di video itu masih kalah mengerikan daripada kabut asap hari ini. Bergerak secara viral dengan berbagai metode publikasi sosial media dan mention ke akun-akun yang mempunyai follower banyak maka gaung #melawanasap semakin bergulir.

Sempat bergembira pada siang hari kondisi di Pekanbaru/ Riau telah ditetapkan menjadi Darurat Asap, namun tidak berhenti sampai disitu saja dan akhirnya ada sebuah gerakan TweetMob ke akun verified Presiden Jokowi.

Founder Akademi Berbagi, mbak ainun dalam Pesan di Social Media ikut menyampaikan :
———————————————————————————-
Teman-teman yang baik, yuk bantu saudara kita yang di Sumatera, yang sudah sebulan dikepung asap dengan cara, posting twit atau status FB secara serentak di jam 5 WIB hari ini ( waktu bagian lain silakan disesuaikan) dengan kalimat sebagai berikut :

Pak @jokowi mohon luangkan waktu 3 menit saja untuk melihat apa yg kami rasakan satu bulan ini youtu.be/Sct122LQMWo ‪#‎MelawanAsap‬

Pesan yang masuk ke messenger tweet pun berbanjiran dengan message yang sama dan hal tersebut adalah sebuah energi baru untuk menyuarakan #melawanasap. Teman-teman komunitas di pekanbaru dan networking di seluruh dunia berhasil menyuarakan hal tersebut yang dapat kita coba capture sebagai berikut tanggal 14 September 2015 sampai dengan Pukul 20:00 WIB via keyhole.co

keyhole_1 keyhole_2 keyhole_4 keyhole3

NOTES :
– Untuk yang mempunyai knowledge dan skill analisa twitter analitik, mohon masukan dan reply di komentar atau mengirimkan email

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s