Dua Tahun Akber Pekanbaru

28 September dua tahun yang lalu adalah kali pertama kelas Akber Pekanbaru diselenggarakan. Selama 2 tahun Akber Pekanbaru hadir di kota ini, total ada 28 kelas yang sudah terselenggara. Dalam 2 tahun itu juga, ada banyak momen tidak terlupakan yang terjadi di Akber Pekanbaru. Mulai dari keseruan setiap kelas yang diselenggarakan, kehebohan relawan setiap kali berkumpul, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mewarnai perjalanan dua tahun Akber Pekanbaru.

Memasuki bulan September tahun 2015, seluruh relawan Akber Pekanbaru pun mulai mempersiapkan pelaksanaan kelas ke-28 yang juga akan menjadi momen perayaan ulang tahun kedua Akber Pekanbaru. Namun, persiapan tersebut terpaksa dihentikan karena situasi kabut asap di Pekanbaru yang semakin parah di pertengahan September 2015 ini.

Saat itu, rencana pelaksanaan kelas pun sempat dibatalkan. Seluruh relawan Akber Pekanbaru memutuskan untuk lebih fokus pada situasi kabut asap yang terjadi di Pekanbaru, terutama kepada masyarakat Pekanbaru yang terkena imbas dari kabut asap itu. Donasi berbagi masker N95 pun dibuka. Secara perlahan namun pasti, donasi berupa uang dan barang diterima dan mulai didistribusikan oleh teman-teman relawan Akber Pekanbaru yang juga dibantu oleh teman-teman dari komunitas lainnya.

Seminggu berselang dan situasi Pekanbaru perlahan mulai membaik. Persiapan kelas pun kembali dilanjutkan. Dengan mengangkat tema seputar online booking airlines, kelas ke-28 pun berhasil diadakan pada hari Minggu tanggal 27 September 2015 lalu di iPoint Art & Coffee Pekanbaru.

12036977_10206861570033797_9092539272816904150_n

Beberapa hari menjelang pelaksanaan kelas, kabut asap kembali menyelimuti Pekanbaru. Makin hari makin parah. Hal ini tentu saja berdampak pada pelaksanaan kelas ke-28 Akber Pekanbaru. Peserta yang datang hanya sebagiannya saja. Situasi di ruang kelas pun kurang kondusif karena peserta harus menggunakan masker selama materi diberikan. Meskipun begitu, peserta yang hadir tetap bersemangat mengikuti pelaksanaan kelas hingga benar-benar selesai.

Sebelum kelas berakhir, kami pun menggelar perayaan sederhana sebagai penanda 2 tahun Akber Pekanbaru. Diawali dengan penjelasan tentang kegiatan-kegiatan relawan Akber Pekanbaru selama 2 tahun terakhir oleh Lianda Marta (selaku kepala sekolah Akber Pekanbaru) dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng sekaligus penyerahan tanggung jawab kepala sekolah Akber Pekanbaru dari Lianda Marta ke Hairil Habibi.

20150928072525

Terpilihnya Hairil Habibi (Ebi) sebagai kepala sekolah Akber Pekanbaru menggantikan saya, bukanlah dipilih secara asal. Kami menggunakan sistem vote dari seluruh relawan. Saat itu ada 2 orang kandidat kepala sekolah dan dari hasil vote tersebut terpilihlah Ebi sebagai kepala sekolah Akber Pekanbaru untuk periode setahun ke depan.

Well, sudah dua tahun Akber Pekanbaru hadir berbagi ilmu dan memberikan kesempatan untuk membangun jejaring kepada semua masyarakat Pekanbaru. Saat ini, di usianya yang baru, Akber Pekanbaru beserta 21 orang relawan lainnya siap menjalankan tugas-tugasnya di bawah kepemimpinan Hairil Habibi, selaku kepala sekolah Akber Pekanbaru saat ini.

Harapannya, semoga kepemimpinan Hairil Habibi bisa memberi warna baru bagi perjalanan Akber Pekanbaru. Semoga ke depannya ada lebih banyak lagi ilmu yang bisa dibagikan. Semoga lebih banyak lagi relawan baru yang bergabung.

Dan untuk semua relawan Akber Pekanbaru, semoga tetap bersemangat menebarkan manfaat bagi orang lain. Semoga selalu ingat untuk bersedia berbagi dengan hati, tanpa pamrih. Karena berbagi (itu) bikin happy. 🙂

Selamat ulang tahun, Akber Pekanbaru!

Selamat bertugas, Hairil Habibi! 🙂

20150928072525 (2)

Pekanbaru, 28 September 2015
Lianda Marta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s