Kelola Uang Dengan Cerdas Melalui Investasi Saham #PKU34

Hi Akberian, kelas kita yang ke #34 kali ini membahas tentang salah satu opsi investasi, supaya kita lebih bijak dalam mengelola uang. Pematerinya sendiri adalah Bpk Emon Sulaeman, profesional dibidang investasi, saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia (IDX) Provinsi Riau. Dengan tema dan pemateri yang menarik membuat        Akberian cukup antusias, dilihat dari jumlah peserta mencapai 40-an pendaftar (melebihi kuota ruangan kelas yang disediakan Kantor IDX Prov Riau sebanyak 30 kursi).

flyer akber 34

Kelas dimulai dengan Pak Emon mengingatkan kembali pada akberian mengenai pentingnya menetapkan tujuan awal kita saat melakukan investasi. Investasi tidak selalu harus dalam jumlah besar, akberian bisa memulai dengan tujuan yang simpel sesuai dengan pendapatan/uang yang akberian bisa hasilkan, yang penting rumusnya “Pendapatan” harus lebih besar dari “Konsumsi” + “Tabungan” + “Investasi”.

konsumsi investasi 34.jpg

Kenapa dalam rumus tersebut Akberian perlu investasi ? Apa tabungan biasa saja tidak cukup ? Nah Pak Emon mengingatkan kita bahwa ada yang namanya Inflasi, yaitu perubahan potensi nilai mata uang dalam suatu periode. Contoh simpelnya adalah jika  Akberian 5 tahun lalu punya uang Rp.10.000 bisa membeli 10 bungkus Mie Instan (@Rp.1.000/bungkus) , namun dengan nominal uang yang sama, saat ini Akberian tidak bisa mendapat 10 bungkus lagi, karena terjadi kenaikan harga, misal harganya sudah jadi Rp.2.000/ bungkus. Kenaikan nilai ini yang biasa disebut inflasi.

Jadi kalau Akberian hanya sebatas menabung maka uangnya akan tergerus dengan yang namanya inflasi, oleh karena itu kita wajib melakukan investasi. Investasi sendiri ada berbagai macam seperti Emas, Rumah, Tanah,dll. Namun yang paling mudah kita lakukan (dilihat dari segi biaya,kemudahan akses dan keamanan) adalah Pasar Modal.

investasi inflasi 34.jpg

Untuk memulai investasi di Pasar Modal cukup mudah, Akberian dapat menghubungi Broker yang ada di daerahnya dan pastikan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Broker adalah orang atau badan usaha yang bertugas menghubungkan Akberian ke Pasar Modal.  Setelah mendaftar dan melakukan deposit (minimal Rp.100.000), maka Akberian bisa langsung melakukan transaksi saham. Untuk info tambahan, Pasar Modal sendiri sudah ada yang menganut ketentuan sistem Syariah (aturan akadnya dan unit bisnis mana saja yang sesuai Syariah) sehingga Akberian tidak perlu ragu untuk melakukan investasi.

Pak Emon menutup kelas dengan menegaskan bahwa, mari kita “beli” Indonesia kita kembali. Karena dengan berinvestasi di Pasar Modal secara tidak langsung juga ikut membantu perekonomian Indonesia. Yuk kelola uang kita dengan cerdas !

suasana kelas.jpg

Sekian keseruan kelas Akber Pekanbaru ke #34 , tetap pantau twitter @akberpekanbaru untuk kelas berikutnya dan ayo bergabung menjadi relawan di Akber Pekanbaru, karena berbagi bikin happy! .

peserta kelas 34.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s