Mengenal Profesi Government Relation di Kelas #PKU37 Akber Pekanbaru

Hi Akberian! Bagi yang sudah pernah mendengar kata-kata Government Relations tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Apalagi di kalangan orang-orang yang bercokol di dunia public relations. Namun bagi yang masih baru, pasti banyak yang bertanya apa sih sebenarnya Government Relations itu? Dan bagaimana seluk beluk mengenai profesi Government Relation ini? Nah pada kelas #pku37 ini akan terjawab semuanya pertanyaan tentang profesi Government Relation oleh pemateri kita. Pematerinya kali ini adalah Bapak Mandra Yudantara, seorang profesional di bidang Government Relation yang saat ini menjabat sebagai Rovernment Relations PT Chevron Pacific Indonesia.

Kelas dimulai dengan sesi perkenalan oleh Pak Mandra tentang seluk beluk perjalanan karir hidup beliau. Semasa hidup beliau pernah melakoni berbagai profesi hingga akhirnya beliau menjabat menjadi seorang Government Relation. Sedikit lelucon terdengar disela-sela sesi perkenalan ini yang menimbulkan canda tawa Akberian dan membuat diskusi  lebih terasa dekat dan nyaman.

1

Materi mengenai Government Relations dibuka oleh Bapak Mandra dengan menjelaskan bahwa Government Relation merupakan suatu proses edukasi yang digabung dengan proses advokasi. Government Relations ini merupakan suatu cabang dari Public Relations yang membantu suatu organisasi berkomunikasi dengan pemerintah. Maka dari itu, penting bagi seorang Government Relations untuk membaca isu–isu pemerintah yang akan menjadi impact pada perusahaan itu sendiri.

Selain definisi, pak Mandra juga memaparkan apa perbedaan antara Government Relation dengan Public Affair. Letak perbedaannya pada interaksinya. Pada Government Relation interaksi lebih fokus pada aturan dan pemerintah, sedangkan Public Affair interaksi bisa dilakukan pada semuanya termasuk interest group seperti legislator, masyarakat, media, dll).

Terkahir, Pak Mandra menambahkan tips untuk Akberian menjadi seorang Government Relation harus memiliki yang namanya stake holder engagement plan yang terdiri dari  :

  • Perlunya mengidentifikasi stake holder yang akan kita advokasi
  • Mengukur ekspektasi dari stake holder yang bersangkutan
  • Mengidentifikasi kebutuhan
  • Mengidentifikasi apa yang menjadi hambatan dalam proses engagement ini
  • Mengembangkan rencana untuk proses engagement yang berkelanjutan
  • Memonitor dan mengevaluasi kembali.

Pak Mandra menutup dengan menegaskan bahwa tidak perlu ada pelatihan khusus atau sekolah khusus untuk menjadi seorang government relations yang handal, modal pandai berbicara dan strategi sudah menjadi modal yang cukup dan terus mau berkerja keras.

Sesi terakhir kelas ini, Kepala Sekolah Akademi Berbagi Pekanbaru, Bang Wendi membagikan doorprize 2 judul buku bagi Akberian yang hadir. Kedua judul buku tersebut dibagikan kepada 5 orang akberian yang aktif bertanya selama sesi diskusi dan yang dapat menjawab pertanyaan Pak Mandra serta pertanyaan seputar Akademi Berbagi. Terlihat keseruan dan kecerian Akberian menjawab pertanyaan yang diberikan. Selamat bagi yang beruntung.

2

3

4

Well, bagi Akberian yang belum menentukan pilihan karir yang diminati, menjadi government relation mungkin bisa menjadi pilihan kedepan. Terimakasih ilmu dan sharing pengalamannya Pak Mandra. Semoga sukses bagi kita semua,

Sekian keseruan kelas Akber Pekanbaru #pku37. Tetap pantau twitter @akberpekanbaru untuk kelas berikutnya dan ayo bergabung menjadi relawan di Akber Pekanbaru, karena berbagi bikin happy! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s