Kelas Relawan Pertama 2017: Belajar Ngeblog

Hai Akberian! Selamat Tahun Baru 2017 ya.

Udah lama ga report kelas ini. (Maklum adminnya lagi sibuk :p). Di Januari ini kita langsung ngadain kelas , tapi ini bukan kelas yang seperti biasa. Kelas yang kita adakan  Sabtu (14/1) ini adalah kelas khusus relawan. Dan untuk kembali mempertajan kemampuan relawan Akber Pekanbaru di dunia blogging,

Kelas Relawanan dengan judul “Menulis Blog” ini dipandu langsung oleh salah satu relawan, Prima Wahyudi. Prima sendiri sudah lama berkecimpung di dunia blogging dan juga pendiri dari pekanbaru.co. Di kelas relawan, Prima berbagi soal dasar membuat blog, mengoprek design, mengisi konten, dan juga tips mencari uang dari blog.

Apa aja yang dibahas? Yuk simak ulasan singkatnya..!

-Memulai Blog

Sebelum membuat blog, syarat pertama yang wajib dimiliki calon blogger adalah email. Email ini menjadi hal mutlak karena lewat email registrasi ke platform blog bisa dilakukan. Untuk blog (gratisan) populer di Indonesia saat ini ada blogger.com atau blogspot dan wordpress.com. Masing-masing platform ini memiliki penggunanya masing, dan juga ada plus minusnya.

Untuk blogspot, penggunannya lebih fleksibel. Ada banyak pilihan desain untuk mengoprek tampilan blog. Blogger juga memiliki banyak fitur untuk dieskplor sehingga tampilannya benar-benar sesuai keinginan. Kapasitas databse di blogspot juga lebih besar dan memiliki koneksi langsung ke google. Blog ini cocok untuk blogger yang memiliki banyak waktu untuk customize halaman.

Kalau wordpress, penekanannya ada pada konten. Untuk mempublikasikan tulisan, blogger hanya perlu menulis dan menyisipkan beberapa file saja. Tidak banyak kastemisasi yang harus dilakukan agar laman blog terlihat catchy. Blog ini cocok untuk orang yang dinamis dan memiliki kesibukan tertentu.

-Mengisi Blog

Di kelas itu, Prima menjelaskan kunci dari sebuah blog adalah konten. Konten menentukan identitas dari blog. Pemilik blog bisa menentukan apa yang menjadi fokus dari kontennya. Mulai dari diary blogger, food blogger, travel blogger dan banyak lainnya.

Setelah menentukan konten apa yang ingin ditulis, blogger cukup menuliskan apa yang ingin ditulis.Ikuti petunjuk yang ada di dalam laman blog (saat ini sudah ada versi Bahasa Indonesia yang memudahkan). Yang terpenting adalah konsistensi. Sehingga pembaca bisa rutin mengunjungi dan search engine bisa mengindeks dan membuka peluang untuk tahap selanjutnya, menghasilkan uang.

-Monetisasi Blog

Untuk mendapatkan uang dari blog memang sedikit tricky. Membuat blog yang menghasilkan perlu ketekunan dalam mengisi blog, kejelian membaca situasi, dan kemauan untuk terus belajar.

Untuk bagian ini guru kita, Prima, mengatakan perlu waktu panjang untuk membahasnya. (hihi) Karena waktu kelas relawan kali ini relatif singkat. Sekitar 1 jam-an. (karena kelasnya ngaret akibat relawan yang bangun kesiangan :D)

Yang terpenting lagi, unutk menghasilkan uang daari blog itu tidak mudah. Jika ada yang mengatakan mudah, perlu dicurigai. Pelru waktu untuk belajar dan menguasai blog sehingga dengan sendirinya, mengetahui celah untuk menghasilkan uang.

Prima juga bercerita dari awal dia memulai blog, sekitar tahun 2007, kebanyakan secara otodidak. Tidak banyak guru blogger yang bisa ditanyai dan membagikan ilmunya. Tapi saat ini ia sudah memiliki beberapa website yang bisa menghasilkan uang jumlahnya lumayan.

So guys, bagi yang belum memiliki blog, atau punya blog nganggur yang udah lama ga dibuka, mari dimlai lagi!. Minimal blog bisa menjading branding diri kita sendiri di dunia maya. 🙂

Demikian sedikit laporan dari Kelas Relawan Akber di awal tahun ini. Semoga membantu. Sedikit bocoran, Akber Pekanbaru juga akan mengadakan kelas #pku41 di akhir bulan ini. Jangan lupa datang ya, Akberians. Salam! Berbagai bikin hapyyyy!

foto2:

img-20170114-wa0001

Guru Kelas Relawan lagi nugguin murid-muridnya

img-20170114-wa0002

Ini dia murid-murid Kelas Relawan yang udah gak sabar dengarkan materi Menulis Blog

img-20170114-wa0003

Penampakan guru Kelas Relawan 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Kelas Relawan Pertama 2017: Belajar Ngeblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s