#PKU40: Photojournalism

Hi Akberian! Akademi Berbagi Pekanbaru kembali hadir dengan kelas #pku40 membahas tentang Photojurnalist bersama Mas Widiarso, seorang redaktur foto di salah satu media lokal, Pekanbaru Pos.

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai photojournalist, ada hal mendasar yang perlu Akberian ketahui, yaitu tentang fotografi dan jurnalistik. Fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya, istilah umumnya yaitu metode menghasilkan gambar dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut. Kuncinya ‘ada cahaya’, karena sebuah foto tidak akan bisa dihasilkan tanpa adanya cahaya. Fotografi tidak lepas dari alat utamanya, yaitu kamera. Ternyata kamera itu ada beragam jenisnya loh Akberian!

Kamera jenis pertama, kamera compact/pocket yaitu kamera dengan sensor kecil, lensa yang telah menyatu dalam satu sistem dan kemampuan yang setting terbatas. Kedua, kamera DSLR yaitu kamera dengan sensor besar, keleluasaan setting, dan pilihan berbagai ukuran lensa sesuai kebutuhan (interchangeable lens). Ketiga, kamera prosumer, yaitu kamera compact dengan lensa super zoom dan keleluasaan setting yang hampir setara DSLR.

Sedangkan jurnalistik dalam UU Pers tahun 1999, adalah kegiatan yang meliputi ; mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Foto Jurnalistik adalah foto yang memiliki informasi, peristiwa, fakta, tanpa manipulasi yang disampaikan melalui media surat kabar maupun media online. Nah, orang yang profesinya terkait foto jurnalistik inilah yang disebut dengan Photojournalist.

Hal yang harus ada dalam foto yaitu unsur Peristiwa, Informasi, dan Tidak Manipulasi. Karya foto jurnalistik juga beragam, salah satunya foto berita atau spot news yang berpedoman pada unsur 5W+1H dan sifatnya insidental. Bukan kejadian yang bisa direncanakan tetapi yang kebetulan terjadi, mengandung unsur informasi, dan layak dipublikasikan. Ingat, semua informasi yang ditampilkan harus dapat dipertanggungjawabkan Akberian, no manipulasi!

Seorang photojournalist juga bagian dari pers yang terikat Kode Etik Jurnalistik dan dibuktikan dengan ID pers sebagai tanda pengenal. Inilah yang membedakan photojournalist  dengan citizen journalist, ia terikat dengan sebuah perusahaan pers. Jadi gak sembarangan loh Akberian. Profesi photojournalist juga harus kejar-kejaran sama objek foto dan peristiwa. Hal ini merupakan tantangan tersendiri karena momen harus didapatkan.

Sebuah foto juga bisa mempengaruhi kebijakan Akberian. Mas Widiarso sempat menampilkan beberapa foto yang sempat heboh di nasional. Selain materi di kelas ini juga ada sesi sharing. Banyak banget cerita tentang foto yang pernah diambil sama Mas Widiarso selama karirnya menjadi photojournalist. Salah satunya adalah MELEBUNG. Ditahun 2011 Mas Widiarso mengabadikan moment anak-anak Desa Melebung pergi sekolah sejak subuh dengan mendayung sampan yang jarak tempuhnya cukup jauh Akberian. Luar biasa perjuangannya, Salut!

Nah, itu dia sekilas tentang seluk beluk dari profesi photojournalist Akberian. Terima kasih kepada Mas Widiarso yang telah berbagi ilmu dan pengalamannya serta kepada peserta kelas #pku40 yang hadir. Semoga bermanfaat. Cek terus twitter @akberpekanbaru untuk info kelas berikutnya dan bagi yang sudah ikut 2x kelas, bisa banget daftar jadi relawan. Berbagi bikin happy!

widiarso (Guru kelas #PKU40, Mas Widiarso menyampaikan materi mengenai jurnalistik foto)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s